CARA MENGATASI STRESS DI TEMPAT KERJA

Sadar atau tidak, disekitar kita tidak sedikit para karyawan sebuah perusahaan terlihat seperti banyak tekanan ketika pulang dari tempat kerja. Dan tidak sedikit pula diantara mereka menyalahkan pekerjaan mereka karena hanya menghasilkan tekanan saja. Padahal sebenarnya bukan salah pekerjaannya, melainkan sikap seorang karyawan itu sendiri. Mulai dari sikapnya terhadap lingkungan ataupun sikapnya dalam menghadapi tugas-tugas yang dibebankan terhadapnya di tempat kerja.

Karyawan-karyawan yang seperti tertekan ini bisa kita kelompokkan menjadi karyawan yang menderita stres di tempat kerjaStres di tempat kerja sudah menjadi bahan obrolan yang tidak asing lagi, karena penyakit jiwa yang satu ini bisa dibilang sangat populer dikalangan karyawan. Jika tidak segera diatasi maka bisa meninggalkan banyak masalah, mulai dari masalah gangguan fisik hingga psikis nantinya.

Cara Jitu Untuk Mengatasi Stress Di TempatKerja

Lalu bagaimana cara mengatasi stres di tempat kerja? Pada artikel ini, kita akan membahas seputar bagaimana cara untuk bisa mengatasi stres di tempat kerja.

  1. Pergunakan Waktu Istirahat Sebaik Mungkin

Cara mengatasi stress di tempat kerja yang pertama adalah mempergunakan waktu istirahat sebaik mungkin. Setiap perusahaan sudah tentu memberika waktu istirahat yang cukup untuk semua karyawannya, maka dari itu pergunakan waktu istirahat tersebut dengan baik. Lakukan sesuatu yang menurut kamu sahabat menyenangkan sehingga bisa sahabat nikmati dengan nyaman. Gunakan waktu istirahat untuk berpindah dan sedikit menjauh dari tempat kerja agar bisa merasakan suasana yang berbeda. Cara seperti bisa sahabat gunakan untuk menghilangkan sters di tempat kerja, karena kita butuh suasana baru untuk sedikit menghilangkan penat.

      2. Menerima Sepenuh Hati

Cara mengatasi stress di tempat kerja selanjutnya adalah menerima sepenuh hati. Menerima sepenuh hati dalam hal ini adalah menerima hasil pekerjaan yang sudah sahabat lakukan. Karena memang hasil tidak bisa kita paksakan sesuai dengan harapan kita, orang bijak pernah berpesan bahwa hasil tidak akan lari jauh dari proses atau usaha yang kita lakukan. Bersikap lapang dada sangat perlu kita tanamkan, apabila tidak maka ketika hasil jauh dari yang kita harapkan sudah barang tentu kita akan merasa kecewa. Apabila sesuatu itu masih bisa diperbaiki, maka perbaiki sebaik mungkin. Namun jika tidak bisa bisa diperbaiki, cukuplah kita berlapang dada. Karena dengan menerima sepenuh hati, kita bisa mengatasi sekaligus mencegah stres ditempat kerja.

     3. Cobalah untuk menyukai pekerjaan

Cara mengatasi stres di tempat kerja ini adalah yang paling ampuh. Karena jika sudah mencintai pekerjaan, sudah bisa dipastikan kita akan jauh dari yang namanya stres ditempat kerja. Lalu bagaimana jika mendapatkan pekerjaan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan? Jawabannya adalah cobalah untuk menjalaninya dahulu, cobalah untuk mengenal teman disekita kita untuk bisa membuat kita merasa nyaman dengan pekerjaan. Jika susah merasa nyaman dengan pekerjaan, paling tidak kita merasa nyaman berada dalam lingkungan pekerjaan tersebut.

      4. Minimalisir rasa ego dan keras kepala

Cara mengatasi stress di tempat kerja yang terakhir adalah minimalisir rasa ego dan keras kepala. Keras kepala dan ego yang tinggi kadang-kadang masih dominan sehingga secara tidak sadar bisa menimbulkan gejala-gejala stres di tempat kerja. Oleh karenanya, cobalah untuk meminimalisir ego dan keras kepala.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi stres di tempat kerja, semoga bisa bermanfaat untuk mengatasi atau paling tidak memperkecil kemungkinan timbulnya gejala stres di tempat kerja.

0 Komentar

Komentar Anda

Reply to the post


Visual CAPTCHA Masukkan kode validasi

Untuk masalah keamanan, kami akan menyimpan alamat IP Komputer anda